Archive Pages Design$type=blogging

Garam LANGKA ..Ini ANEH ..Kita Kan Negara Kelautan Yang Luas

Indonesia adalah negara dengan panjang pantai sangat besar dan luas laut lebih dari 60% wilayah negara, kok bisa kekurangan garam sih? Begin...

Indonesia adalah negara dengan panjang pantai sangat besar dan luas laut lebih dari 60% wilayah negara, kok bisa kekurangan garam sih? Begini ya nak.  Bahan baku garam itu memang air laut. Tapi bukan berarti semua air laut bisa dibikin garam.

Pertama, air laut itu memang asin, tapi tidak sama kadar asinnnya dari satu lokasi ke lokasi lain dan dari waktu ke waktu.

Kedua, bahan baku garam yang bagus itu bukan sekedar air laut asin, tapi juga harus bersih (dari lumpur yang suka terbawa dari daratan), dan tidak banyak polutannya. Kecuali mau makan garam tercampur merkuri atau polutan lain. Artinya, dari segi bahan baku saja sudah mulai mesti pilih-pilih. Bukan sembarang air laut.
Ketiga, bikin garam itu perlu lahan ya nak. Itu cara paling murah, dengan menggunakan matahari sebagai pengering alami. Bisa sih, air laut dipanasi supaya airnya menguap dan meninggalkan garam. Tapi itu lebih mahal nak. Nanti ibumu marah kalau harga garamnya mahal. Wong sekarang sekilo 18rb aja ibumu udah bingung kan? Padahal tiap masak cuma butuh 5 gram saja.

Pantai Indonesia memang panjang, nak. Tapi kan gak mungkin semua digunakan untuk bikin garam? Kata orang pintar di seluruh Indonesia cuma ada 25rb hektar ladang garam. Kenapa gak ditambah? Ya kan gak semua wilayah cocok untuk produksi garam? Di Indonesia timur yang mataharinya bersinar lebih panjang itu sebenarnya cocok untuk produksi garam. Sayangnya di sana kebanyakan lahan bukan milik perseorangan, tapi milik kampung atau suku.Terus mesti beli lahan ke siapa? Ke semua penduduk kampung? Jadi, nak, makin sedikit kan air laut yang bisa dijadikan garam? Bukan semua air laut di Indonesia.

Keempat, sudah ketemu lokasi yang cocok, bukan berarti langsung bisa bikin garam, nak. Harus dibantu alam. Selama pembuatan garam (bisa sebulan) gak boleh ada hujan.  Kalau ada hujan sedikit saja akan menyebabkan proses terganggu. Kalau hujannya kelewatan banyak, prosesnya mesti diulang lagi dari awal. Sayangnya, alam ini lagi gak bener. Ada kalanya harusnya musim hujan, justru panas terus. Bagus sih, buat produksi garam. Tapi itu membuat harganya turun. Lain kali kalau pas begini, suruh ibumu mengganti semua bumbu dengan garam saja. Sehingga petani garamnya tertolong. Ada kalanya kebalik, yang mestinya udah kemarau, kok masih ada hujan. Kayak sekarang. Ya jelas dong nak, rusak semua produksi garam. Ini masih belum seberapa nak. Tahun 2010 ketika presidennya yang tinggi besar ganteng itu, produksi garam kita turun 98% sehingga musti impor 600 ribu ton supaya ibumu tidak salah pakai gula untuk menggarami.
Apa pemerintah diam saja? Ya gak nak. Yang diam itu mobil parkir. Pemerintah punya program PUGAR (Program unggulan garam rakyat) untuk membantu produksi garam rakyat. Tapi kalau ada hujan, mau Pugar atau Pugir juga gak ada manfaatnya nak.

Kenapa negara lain bisa ekspor ke Indonesia? Ada negara yang dikaruniai tambang garam, nak. Seperti juga negara yang dikaruniai cadangan minyak, kita gak bisa pilih-pilih.  Mereka tidak perlu repot mengeringkan air laut supaya jadi garam. Alam sudah melakukannya jutaan tahun lalu. Sekarang tinggal nyiduk. Jadi jangan bingung, kok negara sub tropis yang pantainya sedikit bisa produksi garam lebih banyak dari kita? Ya garam kan gak cuma dibikin dari air laut nak. Bisa juga tinggal nambang kalau Tuhan mau memberi.    Berdoalah semoga 4 juta tahun lagi kita punya tambang garam. Begitu ya nak. Semoga jadi anak pintar yang rajin membantu ibu. Jangan lupa ceritain ibu, biar ibu berhemat memakai garam. Soalnya kalau semua dikasih garam, ibu harus keluar duit lebih banyak dan darah tingginya kumat.

Repost dari https://www.facebook.com/wisnuali.martono

COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang dayak bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu gagal ginjal garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma LUCU maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang promo PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vco vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: Garam LANGKA ..Ini ANEH ..Kita Kan Negara Kelautan Yang Luas
Garam LANGKA ..Ini ANEH ..Kita Kan Negara Kelautan Yang Luas
https://2.bp.blogspot.com/-z-iDq_hvxxg/WYFES_GkDOI/AAAAAAABNV0/HK4dRAOjFEUrLWvVvbnIEW7-ADwZeDr6gCLcBGAs/s320/FB_IMG_1501643647127.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-z-iDq_hvxxg/WYFES_GkDOI/AAAAAAABNV0/HK4dRAOjFEUrLWvVvbnIEW7-ADwZeDr6gCLcBGAs/s72-c/FB_IMG_1501643647127.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2017/08/garam-langka-ini-aneh-kita-kan-negara.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2017/08/garam-langka-ini-aneh-kita-kan-negara.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago