Archive Pages Design$type=blogging

SEDEKAH DENGAN MEMANEN AIR HUJAN

SEDEKAH DENGAN MEMANEN AIR HUJAN Di bawah genangan air tersebut adalah sebuah Sumur Resapan dengan kapasitas 24 m3. Genangan itu terjadi s...

SEDEKAH DENGAN MEMANEN AIR HUJAN

Di bawah genangan air tersebut adalah sebuah Sumur Resapan dengan kapasitas 24 m3. Genangan itu terjadi sesaat saja, ketika hujan deras. Ketika gerimis genangan tak akan ada.

Adalah Pak Bahruddin (Kalibening, Salatiga) yang sengaja menggali halaman rumahnya untuk membuat sumur resapan, lalu menutupnya dengan beton cor berlubang. Posisi halaman rumahnya yang lebih rendah dibanding area pekarangan tetangga-tetangganya (meliputi 10 rumah, dengan total luas area kira-kira 3000 m2) membuat semua air hujan di atas area itu praktis habis terserap ke sumur tersebut.

Dengan asumsi curah hujan 3000 mm (per m2, semusim), maka setidaknya sumur resapan Pak Bahruddin ini mampu memanen air hujan sebanyak 9 juta liter. Itu berarti akan tersimpan 9 juta liter di dalam bumi, di bawah pekarangan Pak Bahruddin dan sekitarnya. Bukankah seperti ini adalah rizki yang berkah? Air yang benar-benar menjadi rizki, bukan sebaliknya menjadi (penyumbang) musibah?!

Dan secara tak terasa Pak Bahruddin telah bersedekah dua hal: (a) menyuplai air tanah, yang pada tahap selanjutnya akan memenuhi sumber-sumber air di sekitarnya, dan (b) andil mengurangi bencana banjir. Dan keduanya merupakan bentuk sedekah.

Selain itu ada manfaat lain dari sumur resapan, yakni tabungan humus. Baru-baru ini, setelah 2 kali musim hujan, Pak Bahruddin memanen humus dari sumur resapannya. "Ketebalan humus di dalamnya mencapai sekitar 1,5 meter. Banyak cacingnya," ungkap Pak Bahruddin.

Jadi, enak sekali punya sumur resapan. Saat penghujan memanen air hujan, kemarau datang memanen tanah humus yang sangat bagus untuk tanaman. Sungguh tidak lengkap sebuah bangunan (kantor, sekolah, perusahaan, ata rumah pribadi) tanpa adanya sumur resapan.

Pak Bahruddin tidak sendirian membuat sumur resapan. Dengan kawan-kawannya di organisasi SPPQT (Serikat Paguyuban Tani Qaryah Thayibah) telah mencanangkan gerakan mengembalikan air hujan ke bumi dengan membuat sumur-sumur resapan. "Sampai Desember 2016 nanti targetnya membangun 800 di kecamatan Kaliangkrik dan Ngablak, Magelang. Sampai saat ini baru terbangun 300 sumur resapan," ujar Nurul aktifis SPPQT.

Membuat sumur resapan tidak membutuhkan biaya mahal dan tak harus sebesar yang dibikin Pak Bahruddin. Apalagi untuk area rumahan kecil, yang tak lebih dari 100 m2, sumur resapan dengan kapasitas 2 m3 (2 x 1 x 1 m atau 1 x 1 x 2 m) sudah sangat mumpuni. Bahkan bisa digali sendiri. Mungkin lebih pas disebut lubang resapan (tidak sumur).

Keberadaan sumur atau lubang resapan sangatlah penting. Di area tangkapan air hujan, perkebunan, area pemukiman, dll sumur resapan ini mutlak diperlukan. Misi utamanya adalah, bagaimana caranya agar semua air hujan bisa mengalir masuk ke sumur-sumur atau lubang-lubang resapan. Seperti wilayah Jakarta, ditaksir butuh 2 juta sumur resapan agar terbebas dari banjir.

Dalam al-Quran sendiri Allah SWT dalam berbagai ayat memberikan penjelasan yang gamblang bahwa semua makhluk hidup di dunia ini sangat bergantung pada air. Di antaranya ayat berikut:

وجعلنا من الماء كل شيء حي
(wa ja'alnaa minal maa'i kulla syai'in hayyin)
"Dan segala sesuatu yang hidup Kami jadikan dari air." (Al-Anbiyaa': 30)

Dan kita semua tahu bahwa tidak mungkin ada sumber atau mata air tanpa adanya hujan. Maka marilah kita jangan menyiakannya. Mari kita panen air hujan dengan menampungnya dalam sumur-sumur dan lubang-lubang resapan. Agar kita bisa menyedekahkannya untuk kehidupan.

Lebih detil ttg sumur resapan:
https://bebasbanjir2025.wordpress.com/?s=Sumur+resapan&submit=Cari

COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: SEDEKAH DENGAN MEMANEN AIR HUJAN
SEDEKAH DENGAN MEMANEN AIR HUJAN
https://lh3.googleusercontent.com/-kGw3LWXXKNU/WK57I7kIOqI/AAAAAAABEU0/lR36PDBP51o/s640/%25255BUNSET%25255D.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-kGw3LWXXKNU/WK57I7kIOqI/AAAAAAABEU0/lR36PDBP51o/s72-c/%25255BUNSET%25255D.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2017/02/sedekah-dengan-memanen-air-hujan.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2017/02/sedekah-dengan-memanen-air-hujan.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago