Archive Pages Design$type=blogging

Kanker Ovarium Apa Saja Tanda-Tandanya..? Simak berikut..

☑ 9 Tanda Kanker Ovarium yang Sering Diabaikan Mama Kanker ovarium kerap menjadi momok bagi kaum wanita. Kanker ini biasanya menyerang ind...

☑ 9 Tanda Kanker Ovarium yang Sering Diabaikan Mama

Kanker ovarium kerap menjadi momok bagi kaum wanita. Kanker ini biasanya menyerang indung telur atau ovarium. Asal tahu saja, penyakit ini menduduki posisi ketujuh di antara jenis-jenis kanker yang paling umum menyerang wanita. Pada tahun 2012, diperkirakan terdapat sekitar 239.000 kasus kanker ovarium baru yang muncul di seluruh dunia.

Kanker ini dapat diidap oleh semua wanita pada segala usia, sehingga harus menjadi salah satu kewaspadaan bagi Mama. Celakanya, kanker ovarium sering tidak terdeteksi sampai telah menyebar ke dalam panggul dan perut. Pada tahap akhir ini, kanker ovarium sulit untuk diobati dan sering sudah menjadi fatal.

Hingga saat ini, para peneliti sedang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan pengobatan kanker ovarium dan mencari cara untuk mendeteksi kanker ovarium pada tahap awal, sehingga kesempatan penyembuhannya menjadi lebih besar.

Sampai saat ini, penyebab kanker ovarium masih belum jelas. Secara umum, kanker dimulai ketika sel-sel sehat mengalami mutasi genetik yang mengubah sel normal menjadi sel abnormal.

Sel-sel sehat tumbuh dan berkembang biak tapi kemudian mati pada waktunya. Sementara itu, sel-sel kanker tumbuh dan berkembang biak di luar kendali, dan mereka tidak mati seperti seharusnya.

Kemudian, sel-sel abnormal terakumulasi, membentuk suatu massa (tumor). Sel kanker menginvasi jaringan sekitarnya dan dapat terputus dari tumor awal untuk kemudian menyebar ke tempat lain di tubuh (bermetastasis).

Sering kali, gejala kanker ovarium tidak spesifik dan sering meniru gejala penyakit lain, termasuk masalah pencernaan, sehingga kerap diabaikan. Begini tandanya

👉 Tanda Kanker Ovarioum 1

Tanda dan gejala kanker ovarium dapat mencakup:

1. Perut seperti tertekan, penuh, bengkak atau kembung
2. Ketidaknyamanan atau nyeri panggul
3. Gangguan pencernaan, perut bergas, atau mual
4. Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit
5. Perubahan kebiasaan kandung kemih, termasuk kebutuhan sering buang air kecil
6. Kehilangan nafsu makan atau cepat merasa kenyang
7. Peningkatan ukuran lingkar perut
8. Kurang energi
9. Nyeri punggung bawah

Jenis sel di mana kanker dimulai menentukan jenis kanker ovarium yang Anda miliki. Jenis kanker ovarium meliputi:

1. Kanker yang dimulai dari sel-sel di bagian luar ovarium disebut tumor epitel. Kanker ini dimulai pada lapisan tipis jaringan yang menutupi bagian luar ovarium. Sebagian besar kanker ovarium adalah tumor epitel.

2. Kanker yang dimulai dari sel yang memproduksi telur disebut tumor sel benih. Jenis kanker ini cenderung terjadi pada wanita yang lebih muda.

3. Kanker yang dimulai di sel penghasil hormon disebut tumor stroma, dimulai pada jaringan ovarium yang memproduksi hormon estrogen, progesteron dan testosteron.

Jenis kanker ovarium yang Anda miliki akan membantu menentukan prognosis dan opsi pengobatan.

Ternyata ada beberapa Mama yang lebih berisiko kena kanker ovarium. Berikut penjelasannya

👉 Tanda Kanker Ovarium (2)

Faktor risiko

Faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko kanker ovarium. Memiliki satu atau lebih faktor risiko di bawah ini, tidak berarti bahwa Anda pasti akan menderita kanker ovarium. Tapi berarti risiko Anda lebih tinggi dari rata-rata wanita lainnya.

1. Mutasi gen yang diwariskan.

Sebagian kecil kanker ovarium disebabkan oleh mutasi gen yang diwariskan. Gen yang diketahui meningkatkan risiko kanker ovarium disebut gen kanker payudara 1 (BRCA1) dan gen kanker payudara 2 (BRCA2).

Gen ini awalnya diidentifikasi dalam keluarga dengan beberapa kasus kanker payudara. Mutasi ini juga meningkatkan risiko kanker ovarium secara signifikan.

2. Riwayat keluarga dengan kanker ovarium.

Jika orang-orang di dalam keluarga Anda telah mengalami kanker ovarium, risiko Anda mengalami penyakit yang sama akan meningkat.

3. Terdiagnosis menderita kanker jenis lain sebelumnya.

Jika Anda telah didiagnosa dengan kanker payudara, usus besar, rektum, atau rahim, risiko kanker ovarium akan meningkat.

4. Bertambahnya usia.

Risiko kanker ovarium Anda akan meningkat sejalan dengan usia Anda. Kanker ovarium paling sering berkembang setelah masa menopause, meskipun dapat terjadi pada wanita di semua tahapan usia.

5. Belum pernah hamil.

Orang-orang yang belum pernah hamil memiliki peningkatan risiko kanker ovarium.

Sumber Artikel :
http://tabloid-nakita.com/Prakehamilan/9-Tanda-Kanker-Ovarium-Yang-Sering-Diabaikan-Mama


posted from Bloggeroid

COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu gagal ginjal garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma LUCU maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang promo PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vco vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: Kanker Ovarium Apa Saja Tanda-Tandanya..? Simak berikut..
Kanker Ovarium Apa Saja Tanda-Tandanya..? Simak berikut..
https://lh3.googleusercontent.com/-2hhoZmwNXU0/WErrR-fxb8I/AAAAAAAA_L0/BBXsrpubBNw/s640/%25255BUNSET%25255D.png
https://lh3.googleusercontent.com/-2hhoZmwNXU0/WErrR-fxb8I/AAAAAAAA_L0/BBXsrpubBNw/s72-c/%25255BUNSET%25255D.png
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/12/kanker-ovarium-apa-saja-tanda-tandanya.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/12/kanker-ovarium-apa-saja-tanda-tandanya.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago