Archive Pages Design$type=blogging

Kyai Ndeso.... Oleh Afib Rizal

Kyai Ndeso.... Banyak yang tidak tahu bahwa para kyai NU di kampung kampung itu hidupnya sangat sederhana. Jangankan Hummer yang harganya ...

Kyai Ndeso....

Banyak yang tidak tahu bahwa para kyai NU di kampung kampung itu hidupnya sangat sederhana. Jangankan Hummer yang harganya milyaran, sekelas avanza pun kadang mereka tidak punya. Begitu pula rumahnya. Beberapa kyai besar (khos) malah rumahnya menyatu dengan penduduk kampung dan malah rumah para kyai itu masih berdinding papan. Lucunya, jalan depan rumahnya hanya cukup untuk dilalui 1 buah mobil kecil press body.

Jangan pula membayangkan pakaian yang mereka kenakan dalam kesehariannya mirip Dimas kanjeng yang memakai sorban dan jubah besar yang megah. Biasanya para kyai itu pakaianya mirip petani tua kebanyakan. Malah adapula yang tidak mengenakan alas kaki. Harganya ? Taksiran saya tidak lebih dari 100rb untuk sarung dan baju.

Namun, jangan heran jika mereka memiliki santri yang berjumlah ribuan serta alumni ponpesnya yang berjumlah puluhan ribu. Jangan heran pula kalau mengetahui bahwa biaya mondok disana ada yang gratis, ada pula yang dibayar seikhlasnya.

Uniknya, mereka mengajarkan ilmunya serta memenuhi undangan untuk berdakwah tanpa mematok tarif. Bahkan untuk menemui mereka sangatlah mudah. Tidak perlu harus menghubungi tim menejemen untuk membuat janji pertemuan. Mereka dengan mudahnya ditemui 24 jam. Saya sendiri pernah sowan kepada salah satu kyai jam 1 dini hari.

Lalu bagaimana mereka menghidupi dirinya, keluarganya, dan pondoknya ? Inilah misteri rejeki Ilahi. Tentunya mereka mengandalkan tambak, sawah, dan kebunnya yang dikelola secara swadaya oleh para santri.

Tidak perlu mengedarkan proposal, tidak perlu pula meminta sana sini. Bahkan adapula yang setiap mengadakan mujahadah, seluruh jamaah yang hadir dipersilahkan menikmati hidangan sea food khas kampung secara gratis.

Seandainya mereka mau, berpuluh puluh mobil Hummer sampai ferari bisa berbaris rapi didepan rumahnya. Begitu pula untuk sekedar merenovasi rumahnya, ataupun jika hanya diperlukan untuk bergaya sekedar menikmati hidup.

Saya sendiri belum bisa dan mungkin tak akan mampu hidup seperti mereka. Pernah beberapa saat menimba ilmu dari mereka itu adalah sebuah kenikmatan. Menjadikan mereka contoh dan panutan hidup adalah keharusan tersendiri. Karena mereka mencontoh apa yang dilakukan Rosulullah dulu.

Intinya, mereka hidup dengan menepi dari kekuasaan, dan yang sedang berkuasa akan selalu mencari mereka untuk dimintai pertolongan dan nasehat. Mereka pula orang orang yang sudah selesai dengan urusan kenikmatan dunianya, bukan ?

👉👉👉👉👉
Adakah yang tahu siapa yang dipapah presiden dan Sekjen DPP PKB ini ? Kenapa mereka begitu takdim kepada beliau ? Padahal dari pakaiannya sangat sederhana.

Re-post dari FB https://www.facebook.com/afib.rizal

COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu gagal ginjal garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: Kyai Ndeso.... Oleh Afib Rizal
Kyai Ndeso.... Oleh Afib Rizal
https://lh3.googleusercontent.com/-X6Ygs3IEKmE/WD1os8lmp3I/AAAAAAAA-F0/cArIOtTA3kI/s640/%25255BUNSET%25255D.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-X6Ygs3IEKmE/WD1os8lmp3I/AAAAAAAA-F0/cArIOtTA3kI/s72-c/%25255BUNSET%25255D.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/11/kyai-ndeso-oleh-afib-rizal.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/11/kyai-ndeso-oleh-afib-rizal.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago