Archive Pages Design$type=blogging

Tips Sehat Konsumsi Karbohidrat

KOMPAS.com - Makanan kaya karbohidrat seperti nasi putih, kentang, bahkan pisang seringkali dihindari oleh para pelaku diet, khususnya merek...

KOMPAS.com - Makanan kaya karbohidrat seperti nasi putih, kentang, bahkan pisang seringkali dihindari oleh para pelaku diet, khususnya mereka yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan.

Sayangnya, tak mudah juga meninggalkan sumber karbohidrat. Tapi, tak usah khawatir, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat karbohidrat lebih sehat bagi tubuh.

Rebus nasi dengan minyak kelapa, kemudian dinginkan
Bila dimakan dalam porsi seimbang, kombinasi antara nasi putih dan lauk yang kaya protein serta lemak sehat, bisa menjadi awal penurunan berat badan yang sehat.

Lalu, bagaimana bila Anda terlanjur menghindari nasi putih, tapi juga tak menemukan kepuasan saat makan nasi merah?

Coba lakukan ini, masaklah nasi dengan minyak kelapa, kemudian dinginkan, untuk meningkatkan pati resisten hingga sepuluh kali lipat, sehingga mampu memotong setengah kalori, ketimbang memasak nasi putih hanya dengan air. Hasil tersebut didapat oleh para peneliti dari Sri Lanka’s College of Chemical Sciences.

Peneliti merekomendasikan, tambahkan satu sendok teh minyak kelapa pada air mendidih, tambahkan setengah cangkir beras putih, dan didihkan selama 40 menit, kemudian dinginkan selama 12 jam. Lalu panaskan untuk Anda makan.

Makan pisang yang tak terlalu matang
Pati resisten dianggap sebagai bentuk serat makanan, menolak untuk diserap sepenuhnya oleh tubuh Anda.

Ini berarti bahwa, makanan tinggi pati resisten dapat membantu dalam mengelola kadar gula darah dan mengurangi penyerapan kalori.

Mereka juga berpotensi meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, karena pati dapat dianggap sebagai prebiotik.

Pisang yang tak terlalu matang mengandung pati resisten lebih kuat dibandingkan dengan pisang matang, mengonsumsi pisang yang masih sedikit hijau bisa menjadi sumber kesehatan yang lebih baik.

Makan kentang yang sudah dingin
Ketika dimasak lalu didinginkan, sumber makanan bertepung dinilai lebih tinggi pati resisten ketimbang memakannya saat masih panas.

Berdasarkan studi pada pasien ileostomy yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition, kentang yang baru dimasak memiliki jumlah pati resisten lebih sedikit, lebih rendah dari kentang yang sudah didinginkan.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik kentang, masak bersama kulitnya untuk meningkatkan serat dan asupan antioksidan. Hal ini juga dapat memperlancar pencernaan.

Penulis: Ayunda Pininta

Editor: Bestari Kumala Dewi

Sumber: Kompas & Yahoo News

COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang dayak bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu gagal ginjal garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma LUCU maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang promo PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vco vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: Tips Sehat Konsumsi Karbohidrat
Tips Sehat Konsumsi Karbohidrat
https://lh3.googleusercontent.com/-Q8U2ha4VFN0/V56fTbWi14I/AAAAAAAAy_8/NKT5gIqPrtQ/s640/%25255BUNSET%25255D.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-Q8U2ha4VFN0/V56fTbWi14I/AAAAAAAAy_8/NKT5gIqPrtQ/s72-c/%25255BUNSET%25255D.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/08/tips-sehat-konsumsi-karbohidrat.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/08/tips-sehat-konsumsi-karbohidrat.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago