Archive Pages Design$type=blogging

Pesan Khusus Bagi Yang Sudah Menginjak Usia 40 Tahun

Saat usia kita 40 tahun bersiaplah untuk zuhud, tingkatkan pembakhtian diri kita pada kedua orang tua dan rapatkan diri ke Masjid

Pesan khusus bagi yang sudah menginjak usia 40 tahun.

Saat usia kita 40 tahun bersiaplah untuk zuhud, tingkatkan pembakhtian diri kita pada kedua orang tua dan rapatkan diri ke Masjid sebagai tempat yang paling disukai Allah Ta'ala, sebagai wujud insaf dan taubat yang nyata melalui penyerahan diri semata karena Allah.

Bagi Yang Sudah Menginjak Usia 40 Tahun

Pesan khusus Allah Ta'ala bisa dilihat pada QS.Al-Ahqof ayat 15, yang artinya:

"Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri".

Jika perhatikan terjemah surat Al-Ahqof:15 di atas maka Allah secara jelas menyebut usia 40 tahun dan ada sebuah doa yang Allah ajarkan di usia tersebut. Dalam bebarapa kajian kajian psikologi dan penelitian tentang otak konon ditemukan hal istimewa terkait usia 40 tahun ini.

Islam memandang usia 40 tahun sebagai usia yang sangat cukup untuk mencapai kecerdasan eksistensial. Dimana seseorang sudah sangat memahami keberadaanya sebagai makhluk Allah di muka bumi. Di usia ini seseorang seharusnya tidak lagi berpikir tentang dunia, tetapi jauh berpikir tentang nasibnya kelak di akhirat. tentu tidak saja tentang dirinya sendiri, tetapi juga tentang anak istrinya. Ibarat waktu, orang yang memasuki umur 40 tahun seperti memasuki waktu Ashar atau senja. tak lama lagi magrib menjelang.

Pada usia tersebut manusia sudah harus waspada, mawas diri terhadap aktivitas beribadahnya kepada Allah. Ia ditekankan untuk meingkatkan atau setidak-tidaknya mempertahankan amal kebajikan yang telah dibiasankannya pada usia sebelumnya. Tidak justru tua-tua keladi, makin tua dosanya makin menjadi. Sungguh surah Al-Ahqaaf tersebut adalah petunjuk paling benar dan patut diikuti pada usia 40 tahun. Usia yang disebut sebagai usia kematangan manusia dalam berbagai aspek, matang spiritual, matang intelektual, matang emosional, dan matang sosial. Kematangan pribadi manusia itulah yang kemudia melahirkan kesadaran dan kecenderungan yang benar sebagaimana yang diisyaratkan di dalam ayat Al-Ahqaaf tersebut.

40 tahun sudah Allah sudah memberikan kehidupan, suka cita telah banyak dirasakan, pahit getir kehidupan juga sudah cukup menggembleng kedewasaan kita sehingga menjadi pempelajaran yang cukup berharga. Pada saat itulah manusia sudah seharusnya mulai sadar betapa besar karunia Allah yang dianugerahkan kepadanya, baik langsung kepada dirinya, kepada keluarganya maupun kepada kedua orang tuanya. Sadar betapa waktu sepertiga hayat yang tersisa tidak cukup untuk menebus dosa-dosanya yang lalu. Maka sebagai wujud pikir, dzikir, syukur serta sabar sudah sepantasnyalah diimplementasikan semata hanya mencari ridlo Allah, utamanya dengan menunaikan ibadah shalat lima waktu berjamaah secara istiqomah dalam sehari semalan.

Usia 40 tahun sudah seharusnya menata ulang perjalan hidup ini. Menyadakan kembali eksistensi kita sebagai hamba Allah yang hanya mengabdi kepadanya. Kembali menatap jalan yang lurus, jadikan Al-Qur;an sebagai pembimbing kita dalam meneratas jalan guna mencari ridha-Nya. Bagi yang mencari nafkah dengan cara bathil, pilihlah segera yang baik, menikahlah dengan cara halal sesuai aturanNya, dekatkan diri dan keluarga kepada Allah, jauhi perbuatan haram dan sesat, ikuti nasehat-nasehat ulama, guru yang mendalami ilmu agama. bagi yang belum berusia 40 tahun,ingatlah di fase tersebut karena perjalanan hidup di dunia ini hanya punya tempo yang sedikit saja dan yang tersisa eloknya dijalankan dengan penuh kesungguhan, korbankan waktu untuk lebih banyak pada peribadatan serta menegakkan agama dengan cara yang tepat dan benar.

Pada ayat yang lain, firman Allah;

أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيْهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيْرُ

Apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam tempo yang cukup untuk berfikir bagi orang-orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepadamu pemberi peringatan? 
(Al-Fathir: 37)

Menurut Ibnu Abbas, Hasan al-Bashri, al-Kalbi, Wahab bin Munabbih, dan Masruq, yang dimaksud dengan “umur panjang dalam tempo yang cukup untuk berfikir” dalam ayat tersebut tidak lain adalah ketika berusia 40 tahun.

Menurut Ibn Kathir, ayat ini memberikan petunjuk bahwa manusia apabila menjelang usia 40 tahun hendaklah memperbaharui taubatnya dan kembali hanya kepada Allah dengan bersungguh-sungguh.

Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah usia manusia diklasifikasikan menjadi 4 (empat) periode, yaitu:
1. Kanak-kanak ( sejak lahir hingga akil baligh )
2. Muda atau syabab ( sejak akil baligh hingga 40 tahun )
3. Dewasa ( 40 tahun hingga 60 tahun )
4. Tua atau syaikhukhah ( 60 tahun hingga mati )

Usia 40 tahun adalah usia ketika manusia benar-benar meninggalkan masa mudanya dan beralih ke masa dewasa penuh. Kenyataan yang paling menarik pada usia 40 tahun yakni meningkatnya minat seseorang terhadap agama sedangkan semasa mudanya jauh sekali dengan agama. Seolah-olah sudah satu fitrah bahwa di usia 40 tahun ini tumbuh kesadaran guna memperbaiki diri misal menutup aurat dan menyenangi majelis-majelis syiar agama.

Salah satu keistimewaan di usia 40 tahun tercermin dari sabda Rasulullah saw.,

لعَبْدُ الْمُسْلِمُ إِذَا بَلَغَ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً خَفَّفَ اللهُ تَعَالَى حِسَابَهُ ، وَإِذَا بَلَغَ سِتِّيْنَ سَنَةً رَزَقَهُ اللهُ تَعَالَى الْإِنَابَةَ إِلَيْهِ ، وَإِذَا بَلَغَ سَبْعِيْنَ سَنَةً أَحَبَّهُ أَهْلُ السَّمَاءِ ، وَإِذَا بَلَغَ ثَمَانِيْنَ سَنَةً ثَبَّتَ اللهُ تَعَالَى حَسَنَاتِهِ وَمَحَا سَيِّئَاتِهِ ، وَإِذَا بَلَغَ تِسْعِيْنَ سَنَةً غَفَرَ اللهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ وَشَفَّعَهُ اللهُ تَعَالَى فِى أَهْلِ بَيْتِهِ ، وَكَتَبَ فِى السَّمَاءِ أَسِيْرَ اللهِ فِى أَرْضِهِ – رواه الإمام أحمد

“Seorang hamba muslim bila usianya mencapai 40 tahun, Allah akan meringankan hisabnya (perhitungan amalnya). Jika usianya mencapai 60 tahun, Allah akan memberikan anugerah berupa kemampuan kembali (bertaubat) kepadaNya. Bila usianya mencapai 70 tahun, para penduduk langit (malaikat) akan mencintainya. Jika usianya mencapai 80 tahun, Allah akan menetapkan amal kebaikannya dan menghapus amal keburukannya. Dan bila usianya mencapai 90 puluh tahun, Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan dosa-dosanya yang dahulu, Allah juga akan memberikan pertolongan kepada anggota keluarganya, serta Allah akan mencatatnya sebagai tawanan Allah di bumi. (Hadists Riwayat Ahmad)

Wallahu'alam bish-shawab (sumber https://www.facebook.com/endarparmasasmita.full)


COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang dayak bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu gagal ginjal garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma LUCU maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang promo PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vco vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: Pesan Khusus Bagi Yang Sudah Menginjak Usia 40 Tahun
Pesan Khusus Bagi Yang Sudah Menginjak Usia 40 Tahun
Saat usia kita 40 tahun bersiaplah untuk zuhud, tingkatkan pembakhtian diri kita pada kedua orang tua dan rapatkan diri ke Masjid
https://3.bp.blogspot.com/-G-96FFoIz1A/V4U7Ad-d3dI/AAAAAAAAxh0/xiTag05QnFUhWBPjpqo7f38c2l2OFZzGACLcB/s320/ketika%2Bmenginjak%2Bumur%2B40%2Btahun%2Ba.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-G-96FFoIz1A/V4U7Ad-d3dI/AAAAAAAAxh0/xiTag05QnFUhWBPjpqo7f38c2l2OFZzGACLcB/s72-c/ketika%2Bmenginjak%2Bumur%2B40%2Btahun%2Ba.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/07/menginjak-usia-40tahun.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/07/menginjak-usia-40tahun.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago