Archive Pages Design$type=blogging

Mengapa Mudah Tersinggung ...? | NADIRSYAH HOSEN

Mengapa mudah tersinggung? re-post dari fb Nadirsyah Hosen Dalam sebuah penerbangan di tanah air, begitu pesawat mendarat seorang bapak ...

Mengapa mudah tersinggung?
re-post dari fb Nadirsyah Hosen

Dalam sebuah penerbangan di tanah air, begitu pesawat mendarat seorang bapak langsung melepas sabuk pengaman dan segera berdiri. Pramugari mengingatkan bapak itu untuk duduk kembali demi keselamatannya. Bapak tersebut langsung marah dan tersinggung berat karena sudah ditegur. Maka keluarlah kata-kata berbagai isi kebun binatang dari mulut si bapak. Peristiwa itu disaksikan oleh istrinya yang berjilbab dan anaknya yang berusia sekitar 7-9 tahun.

Dalam kesempatan lain, seorang ibu berumur setengah baya dengan tiba-tiba menyerobot antrian panjang. Ditegur baik-baik, ibu ini lantas marah-marah dan memaki sejumlah orang yang memintanya kembali ke belakang.

Ada apa ini? Kenapa orang yang salah, ketika diingatkan malah lebih galak dia?
Bagaimana dengan anda? pernahkah seperti itu juga?

Problem ini muncul karena kita tidak bisa membedakan atara diri dan perbuatan kita. Ketika kita melakukan kesalahan, dan lantas ditegur maka harga diri kita seolah runtuh dan teguran itu merupakan serangan terhadap diri kita. Padahal sejatinya yang dikoreksi itu adalah perbuatan kita. Kita ciptakan berbagai excuse untuk membenarkan ketersinggungan kita tadi:

"kenapa menegur saya di depan umum?" (lho anda kan melakukan kesalahannya di depan umum? Entar kalau saya bisiki, anda malah kegelian hehehe)

"kenapa kok cuma saya yang disalahkan? kan biasanya banyak yang juga melanggar?" (hanya karena sebelumnya banyak yang melakukan kesalahan serupa, bukan berarti anda boleh melakukan kesalahan berulang-ulang)

"ya saya tahu saya salah, tapi jangan begitu dong cara menegurnya" (kalau anda tidak mau ditegur, maka jangan melakukan kesalahan. Sesederhana itu)

Sekali lagi, yang ditegur itu adalah perbuatan anda. Bukan diri anda. Lain halnya kalau orang mengomentari hidung anda yang besar atau mata anda yang sipit, atau rambut anda yang gondrong. Tapi kalau yang ditegur adalah perbuatan anda, maka tidak perlu baper. Segera introspeksi, dan jika memang anda bersalah, segera perbaiki kesalahan anda tersebut.

Semua orang pernah melalukan kesalahan. Satu kesalahan tidak akan membuat harga diri anda runtuh. Justru kalau anda marah-marah saat ditegur, maka orang lain akan semakin memandang anda dengan negatif.

Kekeliruan menyamakan perbuatan dan diri pribadi ini juga sering hinggap di benak orang lain. Kita tegur perbuatannya, kita tidak suka dengan perbuatannya, tapi kita sebenarnya tidak perlu membenci orangnya. Sekali lagi, mari kita bedakan kedua hal ini: perbuatan dan diri pribadi. Kalau kita gagal membedakannya, maka begitu banyak orang yang harus kita benci hanya karena dia melakukan kesalahan atau perbuatan yang tidak menyenangkan kita.

Setiap manusia bukan saja pernah melakukan kesalahan, tapi kita juga masih diberi kesempatan untuk memperbaikinya. Selama nyawa masih ada, setiap detik adalah undangan Allah untuk kita selalu memperbaiki diri kita guna menjadi pribadi yang lebih baik, dan hidup yang lebih bermakna untuk sesama.

Maaf, kali ini dalil dan kitab referensi dari catatan di atas anda cari sendiri saja yah :)

Tabik,

Nadirsyah Hosen
Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand dan Dosen Senior Monash Law School

COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: Mengapa Mudah Tersinggung ...? | NADIRSYAH HOSEN
Mengapa Mudah Tersinggung ...? | NADIRSYAH HOSEN
https://lh3.googleusercontent.com/-g-dZ42eAUZI/V4XzrFRSVWI/AAAAAAAAxn4/5HUKfLjPiL8/s640/%25255BUNSET%25255D.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-g-dZ42eAUZI/V4XzrFRSVWI/AAAAAAAAxn4/5HUKfLjPiL8/s72-c/%25255BUNSET%25255D.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/07/mengapa-mudah-tersinggung-nadirsyah.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/07/mengapa-mudah-tersinggung-nadirsyah.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago