Archive Pages Design$type=blogging

LUAR BIASA !! Suporter Bulutangkis TULEN Ini Telah Keliling Dunia Untuk Support Tim Bulutangkis Indonesia

Demi mendukung pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia, Haryanto rela pergi ke berbagai negara di Asia dan Eropa. Dia sudah 36 tahun menjadi suporter setia bulutangkis.

Jakarta - Demi mendukung pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia, Haryanto rela pergi ke berbagai negara di Asia dan Eropa. Dia sudah 36 tahun menjadi suporter setia bulutangkis.

Haryanto, pria kelahiran 1 Desember 1964, telah menghabiskan hampir lebih dari separuh hidupnya untuk mendukung tim bulutangkis Indonesia. Dia rela merogoh koceknya sendiri demi melanglang buana ke berbagai tempat di berbagai belahan dunia. Tujuannya hanya satu: memberikan dukungan kepada atlet-atlet bulutangkis Indonesia yang tengah berlaga di turnamen-turnamen internasional.

Haryanto biasanya tampil khas dengan busana bernuansa Merah-Putih plus peci dan tak lupa bendera Indonesia selalu di genggaman.

LUAR BIASA !! Suporter Bulutangkis TULEN Ini Telah Keliling Dunia Untuk Support Tim Bulutangkis Indonesia

"Saya jadi supporter ini yang pertama demi negara, yang kedua demi bangsa Indonesia, yang ketiga baru karena saya cinta bulutangkis," kata Haryanto dalam bincang-bincang dengan Badmintonindonesia.org.

Untuk membiayai perjalanannya ke berbagai negara, Haryanto memiliki penghasilan dari usaha kecil-kecilan di Malaysia. Tapi, dia tak cuma menjadi suporter bulutangkis di Indonesia dan Malaysia. Haryanto sudah pernah menyambangi hampir seluruh negara di Asia, serta dua kali ke Eropa.

"Semuanya biaya sendiri, terkadang dibantu sama PBSI. Kalau sudah babak-babak akhir saya kehabisan tiket, suka dibantu sama PBSI," tutur Haryanto.

Selama 36 tahun menjadi suporter bulutangkis, Haryanto telah merasakan berbagai pengalaman, dari yang menyenangkan sampai menyedihkan, dari diusir pihak keamanan stadion sampai dihina dan dimaki-maki oleh suporter negara lain.

Saat mendukung tim Indonesia di Piala Thomas-Uber 2016 yang berlangsung di Kunshan, China, bulan lalu, Haryanto sempat tidur di pelataran toko karena tidak bisa menuju penginapan lantaran jarang supir taksi yang bisa diajak berkomunikasi dalam bahasa Inggris.


"Kalau ada yang menjelek-jelekkan Indonesia atau atletnya, saya merasa sakit hati. Saya sudah sering dihina dan dimaki orang, tetapi saya pantang mundur sebelum kalah. Saya tetap mensuporteri Indonesia, yang penting saya tidak mengganggu ketentraman orang lain," ujar Haryanto.

"Saya ke mana-mana selalu berangkat sendiri, nanti di negara yang dituju biasanya gabung sama teman-teman pendukung di sana. Kadang ada ketakutan juga, kalau kenapa-napa, apakah pemerintah mau membantu saya, paspor sih selalu saya bawa ke mana-mana. Kalau saya kenapa-napa, saya cuma kasihan sama anak istri saya yang menunggu di rumah," lanjut penggemar Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan itu.

Haryanto mengaku selalu membawa banyak atribut saat menjadi suporter. Bahkan dia membuat atribut baru untuk tiap turnamen. Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung. Dia bisa membawa lima bendera Merah-Putih untuk satu turnamen.

"Atribut saya banyak sekali, kalau dibawa semua bisa dua koper juga nggak muat. Bendera Merah-Putih bisa bawa lima, kadang dikasih lagi sama suporter Indonesia yang lain. Baju banyak yang baru saya bikin," bebernya.

Apa yang dilakukan oleh Haryanto itu bisa dibilang luar biasa. PP PBSI pun memberikan apresiasi kepada pria berusia 51 tahun itu dalam sebuah acara di Pelatnas Cipayung, Rabu (8/6/2016) siang.

Acara penyerahan penghargaan dihadiri oleh Achmad Budiharto (Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI), Rexy Mainaky (Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI), Yuni Kartika (Kasubid Humas dan Social Media PP PBSI), serta para atlet dan pelatih pelatnas.

"PBSI mengucapkan terima kasih kepada Pak Haryanto atas dukungannya selama ini kepada atlet bulutangkis Indonesia. Bulutangkis tidak ada artinya tanpa pendukung. Kami salut, di tengah penonton China di Kunshan yang tak mendukung Indonesia, dia tetap berani mengibarkan bendera Merah-Putih," kata Budiharto dalam rilis PP PBSI yang diterima detikSport.

"Dukungan bapak akan dibayar dengan prestasi pemain-pemain Indonesia," tambahnya. 
"Kita harus mencontoh semangat Pak Haryanto. Walaupun pemain Indonesia sedang berhadapan dengan lawan yang tidak mungkin dikalahkan, namun dia tetap optimis dan mendukung atlet Indonesia. Banyak yang meneriaki dia, buat apa didukung, sudah pasti pemain Indonesia kalah. Atlet juga harus punya semangat seperti itu, siapapun lawannya, harus optimis dan yakin," ujar Rexy kepada para atlet yang hadir.

Meski sudah puluhan tahun menjadi suporter bulutangkis Indonesia, Haryanto ternyata baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Pelatnas Cipayung. Dia juga merasa takjub saat dikelilingi para atlet yang memberikan tepuk tangan kepadanya. Padahal, biasanya dialah yang melakukan hal itu.

"Saya terharu sekali karena saya dihargai oleh PBSI. Rasanya tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Saya baru pertama kali menginjakkan kaki di Pelatnas, bagus ya? Kalau lagi di luar negeri, saya sudah pernah tanya-tanya sama penghuni pelatnas, ternyata saya lihat sendiri dan bagus sekali," ujarnya.


Selanjutnya, Haryanto akan bertolak ke Vietnam Open Grand Prix 2016 untuk mendukung pemain-pemain Indonesia yang akan bertanding pada Juli mendatang. 
(mfi/fem) SUMBER

COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu gagal ginjal garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: LUAR BIASA !! Suporter Bulutangkis TULEN Ini Telah Keliling Dunia Untuk Support Tim Bulutangkis Indonesia
LUAR BIASA !! Suporter Bulutangkis TULEN Ini Telah Keliling Dunia Untuk Support Tim Bulutangkis Indonesia
Demi mendukung pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia, Haryanto rela pergi ke berbagai negara di Asia dan Eropa. Dia sudah 36 tahun menjadi suporter setia bulutangkis.
https://4.bp.blogspot.com/-ED6dup_aA9s/V1gBzJZchII/AAAAAAAAtok/BZzQfnud0XMsOMgsc7UlLDDuGrE6i_lFACLcB/s320/haryanto%2BSuporter%2BBulutangkis%2Byang%2BSudah%2B36%2BTahun%2BKeliling%2BDunia%2Ba.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-ED6dup_aA9s/V1gBzJZchII/AAAAAAAAtok/BZzQfnud0XMsOMgsc7UlLDDuGrE6i_lFACLcB/s72-c/haryanto%2BSuporter%2BBulutangkis%2Byang%2BSudah%2B36%2BTahun%2BKeliling%2BDunia%2Ba.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/06/luar-biasa-suporter-bulutangkis-tulen.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/06/luar-biasa-suporter-bulutangkis-tulen.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago