Archive Pages Design$type=blogging

Kerukunan Dan Agama Untuk Perdamaian

Kadang kok merasa bahwa kita sedang diadu terus. Atau meman kita sendiri yang menciptakan iklim permusuhan. Kadang merasa diadu dengan ses...

Kadang kok merasa bahwa kita sedang diadu terus. Atau meman kita sendiri yang menciptakan iklim permusuhan.

Kadang merasa diadu dengan sesama Muslim, karena beda pandangan atas satu kejadian atau beda aliran. Atau pula kita sendiri yang menciptakan iklim tidak kondusif ini.


Kadang juga merasa diadu dengan non muslim karena beda pandangan pula pada suatu permasalahan. Atau pula kita tidak bisa melewati suatu permasalahan dengan dewasa.

Perasaan dulu nggak gini-gini amat, ada nyepi di Bali, santai aja, ada natalan santai aja, ada puasa juga santai aja. Satu agama nggak terlalu mengomentari peribadatan agama lain, atau mazhab lain, atau bahkan mencampuri.

Nggak terlalu ribut kayak sekarang yang bikin ribet.
Semua hal dipermasalakan.

Kalau terus begini kayaknya bisa terjadi konflik horisontal, baik sesama muslim, ataupun dengan non muslim.

Dan tanpa sadar sebagian dari kita malah menjadi penggiat pengaduan di antara kita, terus apa hasilnya!

Padahal beda aliran, beda mazhab, beda keyakinan kalau menghadapinya dengan toleran, inysallah akan aman-aman saja.

Masih ingat banget ketika lek Arif Wijar yang beraliran salafy ke rumah lalu ke mesjid, dan shalat bareng dengan yang beraliran NU, fine fine aja.

Masing ingat juga sama Terong Tomi Cahyo P, yang beragama kristen, aku dianterin ke masjid dan ditungguin ampek selesai.

Masih juga ingat sama den Bagus Arya Wijayadi yang Hindu, aku ke rumahnya di sediain sajadah untuk shalat.

Demikian juga dengan pak Wayan Suasta, yang selalu sering sharing banyak info,padahal beliau ini agamanya Hindu.

Dan juga teman-teman lain yang tak bisa saya sebutkan satu persatu.

Rasulullah aja dulu jug berhubungan baik lho dengan orang Yahudi dan Nasrani.

Kira-kira kita sedang diadu atau memang kita sendiri yang menciptakan iklim permusuhan ya mbah?

Re-post dari FB Muhsin Riyadi (blogger www.bonsaibiker.com)

COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu gagal ginjal garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma LUCU maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang promo PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vco vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: Kerukunan Dan Agama Untuk Perdamaian
Kerukunan Dan Agama Untuk Perdamaian
https://lh3.googleusercontent.com/-HeCStvlCxO0/V1-GDPlzzGI/AAAAAAAAuWk/q1_ClRcLgcY/s640/%25255BUNSET%25255D.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-HeCStvlCxO0/V1-GDPlzzGI/AAAAAAAAuWk/q1_ClRcLgcY/s72-c/%25255BUNSET%25255D.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/06/kerukunan-dan-agama-untuk-perdamaian.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/06/kerukunan-dan-agama-untuk-perdamaian.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago