Archive Pages Design$type=blogging

Suka Berbohong ..? Awas Itu "Penyakit"

Sulit sekali untuk bisa mempercayai kembali orang yang pernah membohongi kita. Apalagi jika orang itu adalah teman dekat kita sendiri. Bic...

Sulit sekali untuk bisa mempercayai kembali orang yang pernah membohongi kita. Apalagi jika orang itu adalah teman dekat kita sendiri.

Bicara soal berbohong, penelitian menyebut orang yang kerap berbohong sebenarnya menderita gangguan psikologis. Salah satunya penyakit mythomania, yakni kecenderungan berbohong yang dimaksudkan bukan untuk menipu orang lain, tetapi justru untuk membantu dirinya sendiri mempercayai kebohongannya.

Dilansir dari rightdiagnosis.com pada Selasa 16 Desember 2014, penderita mythomania tidak sepenuhnya menyadari bahwa ia sedang berbohong. Ia tidak mampu membedakan antara ‘kenyataan’ yang berasal dari imaginasinya dan kenyataan yang sebenarnya.

Kebohongan-kebohongan yang dilakukan olehnya cenderung diluar kesadaran. Ia pun tak sadar bahwa orang lain merasa terganggu dengan kebohongannya, karena yang terpenting baginya adalah dirinya mendapat pengakuan oleh sekelilingnya. Ia mewujudkan itu demi melarikan dirinya dari kenyataan sebenarnya yang tidak mau ia terima.

Salah satu penyebab mythomania adalah kegagalan-kegagalan dalam kehidupan, misalnya berupa kegagalan dalam hal studi, masa kecil, masalah keluarga, kisah-kisah sentimental, bahkan kegagalan dalam hal pekerjaan.

Menurut Wikipedia, pembohong patologis atau mythomaniac adalah orang yang memiliki perilaku yang terbiasa atau selalu terdorong untuk berbohong.

Jadi kebohongan patologis itu merupakan suatu kebohongan yang dapat melebar dan menjadi sangat rumit untuk waktu yang sangat lama. Bahkan bisa terjadi di sepanjang hidup si pembohong.

Penderita mythomaniac sebenarnya adalah korban dari ketidakbahagiaan dalam hidupnya. penderitaan membuat ia tak mampu mengekspresikan keaslian dirinya sehingga selalu ingin bersembunyi di balik topeng. 

Jika Anda menjumpai seorang mythomaniac, jalan terbaik adalah menghindar darinya. Namun jika Anda ingin menolongnya, jangan berusaha mencari alasan yang masuk akal, atau mencoba menemukan jawaban dari tindakan-tindakan kebohongannya karena itu membuang-buang waktu saja. Yang bisa anda lakukan adalah meyakinkannya untuk menyembuhkan dirinya sendiri. 

Setelah itu, semua kembali kepada si mythomaniac itu sendiri. Sebab, hanya dia yg bisa menolong dirinya sendiri. Ia harus menyadari permasalahannya, mengakuinya dan harus memiliki keingininan yang kuat untuk menyembuhkan dirinya seperti menemui seorang psikiater.

Sumber : rtv.co.id

COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu gagal ginjal garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: Suka Berbohong ..? Awas Itu "Penyakit"
Suka Berbohong ..? Awas Itu "Penyakit"
https://lh3.googleusercontent.com/-Bub6nWaSlO4/VznscOKfKzI/AAAAAAAArog/df5EK2vSh14/s640/%25255BUNSET%25255D.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-Bub6nWaSlO4/VznscOKfKzI/AAAAAAAArog/df5EK2vSh14/s72-c/%25255BUNSET%25255D.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/05/suka-berbohong-awas-itu.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/05/suka-berbohong-awas-itu.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago