Archive Pages Design$type=blogging

KISAH HIKMAH Dari Seorang Tuna Netra

Sebenarnya masih pengen hibernasi, tp sepertinya rugi kalo kisah ini nggak saya bagi. Tanggal 16 siang, sepulang kerja, saya naik bis , du...

Sebenarnya masih pengen hibernasi, tp sepertinya rugi kalo kisah ini nggak saya bagi.

Tanggal 16 siang, sepulang kerja, saya naik bis , duduk manis di bangku deret belakang biar gak sumuk. Entah kenapa tetiba saya pengen pindah depan, akhirnya saya duduk disamping mas2 ini. Begitu dia menoleh, baru saya tau bahwa dia tuna netra, kedua matanya abu-abu. Tak ada pikiran apapun saat itu, ketemu tuna netra hal biasa buat saya. Setidaknya ada 2 tuna netra yg biasa saya temui dalam perjalanan kerja, 1 pengamen dan 1 tukang pijat.

Tiba-tiba mas ini nanya ke saya dimana saya akan turun. Saya jawab alamat saya. Sebagai sopan-santun saya tanya balik dia mau kemana. Ke semarang jawabnya. Tapi saya lalu jadi kepo.
"Semarangnya mana mas?"
"Terminal terboyo bu"
"Memangnya mau kemana mas?"
"Ngaliyan"
"Wah kejauhan kalo turun terboyo, mending turun banyumanik mas, trus naik bis jurusan mangkang turun jrakah. Ngaliyannya mana?"
"Kampus UIN bu"

Sampe disini semakin besar kepo saya, ngapain ya tuna netra ke kampus UIN.
"Kampus berapa? Kalo kampus satu, mas bisa langsung turun di depannya,gak perlu naik bis lagi"
"Sebentar saya telpon teman saya dulu bu, saya jg blm tau kampus berapa"
Lalu dg ketrampilan menelpon yg tdk kusangka, dia menelpon temannya.
"Kampus satu ternyata bu"
"Oh, ya sudah ,masnya turun banyumanik aja naik bis gedawang mangkang,nanti bilang kondekturnya turun kampus satu"
"Ada alternatif lain bu?
"Ada mas, tp lbh ribet. Turun banyumanik,naik bis lagi jurusan johar,turun tugu muda trus jalan dikit naik bis jurusan ngaliyan.gimana?"
"Wah ribet ya bu, mending yg pertama tadi"
"Iya mas, tugu muda terlalu ramai kendaraan. Btw, ke kampus satu ada perlu apa mas?"
"Mau ambil nomer tes bu"
"Oh mau daftar kuliah?"
"Mau daftar jadi dosen bu"
Glodakkkkk, saya kaget.
"Brarti masnya sudah S2?"
"Alhamdulillah sudah bu, blm lama lulus dari UIN jogja"

Daaannn saya tidak bisa menahan kepo. Akhirnya dia bercerita, dia buta sejak lahir. Terlambat masuk sekolah karena ortunya orang desa yg tak paham bahwa tuna netra jg bisa sekolah. Dia sekolah di SD biasa, 6 th selesai, tp krn dia jatuh menjelang ujian, akhirnya nggak lulus SD krn tdk ikut ujian.

Sempat masuk SLB setaun juga masuk pesantren setaun sebelum akhirnya masuk SMP. Kenal komputer sejak SMA, dia menghafal keyboard. Kuliah S1nya dia selesaikan dalam waktu 4th (!!!)
"Trus kuliahnya gimana mas?"
"Ya kuliah biasa bu, saya mencatat pakai braille, tp untuk tugas dan ujian saya gunakan komputer bicara"
"Lulus S1 langsung S2?"
"Iya bu, tapi lulus S1 saya sambil kerja,kasian orang tua kalo harus membiayai. alhamdulillah ada teman nawarin kerja. Kerjanya online, bikin iklan untuk film. Kalo S2 kan kuliahnya dikit bu, tp tiap hari saya ke kampus nyelesaiin tugas2 biar sore sampe malamnya bisa ngerjain kerjaan online."

Saya melongo aja dengerin penjelasannya, gak 'nyandak' pikiran saya membayangkan dia MEMBUAT IKLAN.
"Trus untuk tesisnya gimana mas, kan butuh banyak referensi tuh?"
"Untuk buku, saya dibantu teman bu membacanya, saya kutip yg perlu. alhamdulillah selesai, teman bantu ngerapiin layout aja"

Jleb jleb jleb ,saya seperti mendengar Allah bicara : see? Kamu punya mata sehat loh! Masih banyak alesan buat males bikin proposal???

Benar-benar siang yg bikin merinding. Malu banget saya. Dia yg 10th lbh muda dari saya dan buta, tp pencapaiannya jauh banget di atas saya. Dan caranya menceritakan kisahnya, sungguh gak ada kesan sombong ataupun minta dikasihani, biasa saja, seperti ngobrol dg teman lama.

Menjelang turun, kami sempat bertukar nama. Dia juga sempat bercerita sdh menikah setaun lalu,dg gadis yg 'menjelang' buta karena katarak yg terlambat dioperasi. Kalo nggak ada tanggung jawab jemput anak, sebenarnya hari itu pengen saya mengantarkannya sampai njrakah,biar bisa lebih banyak inspirasi yg saya terima dari kisahnya.

Orang buta berprestasi, saya sudah pernah liat di tipi. Tapi bertemu langsung dan ngobrol dg orang buta yg 'melihat', tak pernah saya sangka. Allah selalu punya cara yang unik untuk 'menjewer' saya.

Terima kasih Mas Priyono, sudah menyapa saya dan berbagi cerita. Saya doakan, juga saya mintakan doa dari semua teman FB saya, untuk keberhasilan dan keberkahan njenengan sekeluarga.

-dear Fatimah Zuhriyah, Hani Agustin Alfitri, Alam Wandha El-Anas, Neylufar Elmy, Nurizqi Raufqi , Yuniati Warodli, Naini Fatmawati , Maria Ita, Yulis Setyowati -

Re-post dari FB Karyati Ulya Hadibasuki

COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu gagal ginjal garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma LUCU maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang promo PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vco vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: KISAH HIKMAH Dari Seorang Tuna Netra
KISAH HIKMAH Dari Seorang Tuna Netra
https://lh3.googleusercontent.com/-kx7PKjG5wSM/V0KaT-cICcI/AAAAAAAAsGI/hL0Jv-TFhXg/s640/%25255BUNSET%25255D.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-kx7PKjG5wSM/V0KaT-cICcI/AAAAAAAAsGI/hL0Jv-TFhXg/s72-c/%25255BUNSET%25255D.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/05/kisah-hikmah-dari-seorang-tuna-netra.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/05/kisah-hikmah-dari-seorang-tuna-netra.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago