Archive Pages Design$type=blogging

PERUT BESAR DAN KEMBUNG TERUS, Jangan Anggap Remeh ..

Perut yang membesar sebaiknya memang tidak diabaikan, sebab bisa jadi pertanda penyakit tertentu.

Perut yang membesar bisa membuat seseorang tampak lebih gemuk. Sebab saat perut kembung, pinggang celana akan terasa sempit.


Perut yang membesar sebaiknya memang tidak diabaikan, sebab bisa jadi pertanda penyakit tertentu. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan perut kembung dan cara mengatasinya seperti dikutip dari mirror, Sabtu (20/7/2013):

1. Sindrom Iritasi Usus (IBS)

Iritasi Usus dapat menjadi salah satu penyebab perut kembung, jika kembung yang dirasakan sudah berlangsung lama dan gejala disertai dengan rasa sakit, sembelit dan atau diare.

Kondisi usus pada umumnya, IBS adalah gangguan fungsional yang berarti tidak ada yang salah dengan struktur dari usus itu sendiri, tetapi cara kerja usus tidak normal.

Seperti dilansir Mirror, Peter Whorwell, professor kedokteran gastroenterology di Universitas Manchester, mengatakan, "Kita berpikir usus sangatlah sensiti pada penderita IBS sehingga itu merupakan proses normal yang menyebabkan berbagai gejala."

Kembung adalah salah satu efek samping IBS yang paling mengganggu. Beberapa wanita mencoba berbagai macam ukuran gaun dan bahkan membutuhkan baju yang berbeda tergantung pada kembung atau tidaknya perut.

Bahkan kebanyakan penderita perut kembung cenderung memburuk ketika menjelang malam, nah hal semacam inilah yang sangat mengganggu kehidupan sosial Anda. Tidak ada penyembuh untuk IBS, tapi Anda dapat mengatur gejalanya.

Berhenti konsumsi serat sereal dapat menghilangkan gejala perut kembung antara 30% dan 40% pada sebagian besar penderita. Ini artinya kita harus menghindari roti gandum, oat, bar sereal dan semua sereal sarapan, kecuali roti putih, kue, dan biskuit.

Cobalah lakukan hal ini selama tiga bulan untuk melihat hasilnya. Minuman probiotik dapat membantu menghilangkan gejala. Yogurt Activia, dapat menjadi minuman yang berguna untuk membantu penderita IBS.

2. Perut Kembung

Hal ini dapat menjadi penyebab jika Anda mengalami masuk angin, tapi tidak memperhatikan gejala lainnya. Kita semua pasti mengalami perut kembung dari waktu ke waktu, dan itu merupakan hal yang normal jika Anda mengalami hal tersebut bahkan sampai 15 kali sehari bahkan terkadang Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda sedang kembung.

Sementara ini tidak ada obat untuk perut kembung berlebihan. Jika hal tersebut mengganggu Anda dan membuat Anda merasa tidak nyaman, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan guna mengurangi rasa kembung.

Cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan karbohidrat tinggi yang tidak dapat diserap tubuh, brokoli, kol, buah prem dan apel, serta makanan yang mengandung gula pengganti sorbitol. karena cenderung sangat lamban dicerna dan dapat melepaskan sejumlah kecil gas belerang ketika melewati usus.

3. Penyakit Seliaka

Hal ini terjadi jika Anda sering merasakan lelah, kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas, Anda menderita sakit perut.

Penyakit seliaka adalah reaksi negatif terhadap gluten yang ditemukan dalam gandum, dan semua makanan yang mengandung gluten, serta pasta, roti, gravi dan saus.

Ini merupakan kondisi autoimun di mana tubuh justru menjadikan gluten sebagai ancaman dan menyerangnya, sehingga mengakibatkan bahaya pada lapisan usus kecil, yang kemudian mengakibatkan kemampuan Anda dalam menyerap nutrisi dari makanan.

Biasanya hal ini ditemukan pada anak-anak, tapi kini orang dewasa dapat terdiagnosa pada umur paruh baya. Jika Anda memiliki gejala seperti ini, temui dokter Anda dan mintalah untuk melakukan tes darah untuk melihat apakah ada penyakit seliaka pada tubuh.

4. Penyakit Kembung Hormonal

Anda mungkin merasakan kembung ketika Anda memasuki masa pra-mentruasi atau di bulan-bulan awal kehamilan. Selama kehamilan, dan sebelum mestruasi, level hormon progesterone meningkat.

Hal ini dapat memperlambat motilitas atau pergerakan usus, yang berarti makanan melewati tubuh lebih lamban dan menyebabkan kembung dan memungkinkan terjadinya sembelit.

Tapi Anda dapat menghilangkan kembung, dengan melakukan olah raga. Olah raga dapat meningkatkan pergerakan usus dan berjalan 30 menit sehari dapat memberikan rasa yang berbeda.

Selain itu minum banyak cairan dan makan banyak buah, sayuran dan gandum untuk menghindari sembelit.

5. Kanker Ovarium

Kembung terus menerus dan Anda memiliki gejala lain seperti perasan kenyang yang bertahan lama dan sakit perut. Gejala kanker ovarium terasa samar-samar, itulah mengapa penyakit ini sering terdiagnosa ketika sudah sulit untuk diobati, jadi penting untuk memperhatikan tanda-tanda yang potensial.

Gejala utama adalah kembung yang terus menerus dan meningkatnya ukuran perut. Berhati-hati terhadap frekuensi sakit pada perut, dan kurangnya nafsu makan dan gejala yang terlihat pada kemih. (SUMBER: DETIK HEALTH)

PERUT BESAR DAN KEMBUNG TERUS, Jangan Anggap Remeh ..
perut besar

COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu gagal ginjal garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma LUCU maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang promo PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vco vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: PERUT BESAR DAN KEMBUNG TERUS, Jangan Anggap Remeh ..
PERUT BESAR DAN KEMBUNG TERUS, Jangan Anggap Remeh ..
Perut yang membesar sebaiknya memang tidak diabaikan, sebab bisa jadi pertanda penyakit tertentu.
https://1.bp.blogspot.com/-b-i1LwJsIkI/VxtK9dggJfI/AAAAAAAApYk/e_SQE-Ax_d4g9p-dSfHfHqE1EOHGsWNzgCLcB/s320/perut%2Bbesar%2Bperut%2Bbuncit%2Bperut%2Bkembung%2Bterus.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-b-i1LwJsIkI/VxtK9dggJfI/AAAAAAAApYk/e_SQE-Ax_d4g9p-dSfHfHqE1EOHGsWNzgCLcB/s72-c/perut%2Bbesar%2Bperut%2Bbuncit%2Bperut%2Bkembung%2Bterus.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/04/perut-besar-dan-kembung-terus-jangan.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/04/perut-besar-dan-kembung-terus-jangan.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago