Archive Pages Design$type=blogging

Manfaat JERUK Sunkist Ada 10..Mau TAHU ?

Buah jeruk terkenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik dan memiliki peranan yang cukup penting bagi kesehatan tubuh seperti mencegah kanker, menguatkan sistem imunitas, mencerdaskan otak, dan lain sebagainya.

Jeruk adalah salah satu buah yang sangat populer dan digemari di berbagai kalangan masyarakat. Selain segar dan manis, jeruk juga dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. 


Buah jeruk terkenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik dan memiliki peranan yang cukup penting bagi kesehatan tubuh seperti mencegah kanker, menguatkan sistem imunitas, mencerdaskan otak, dan lain sebagainya. 

Buah jeruk memiliki banyak jenis, salah satunya adalah jeruk sunkist. Jeruk sunkist adalah salah satu jenis jeruk  manis yang berasal dari California. Jeruk sunkist tergolong ke dalam jenis jeruk peras, di mana buah ini memiliki kulit yang lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya. Selain itu, kulit buah jeruk sunkist juga merekat kuat pada dinding dagingnya.

Kandungan Nutrisi Jeruk Sunkist

Dibalik rasa segar dan manis yang menjadi ciri khas jeruk sunkist ini, kandungan nutrisi di dalamnya telah dipercaya mampu memberikan banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Di dalam satu buah jeruk sunkist berukuran sedang atau sekitar 154 gram sajian mengandung zat gizi sebagai berikut:

  • Kalori = 80 (baca juga : manfaat kalori bagi tubuh manusia)
  • Potasium = 259,99 mg (7%) (baca juga : manfaat potasium – manfaat kalium)
  • Karbohidrat = 20,9 gram (7%) (baca juga: manfaat karbohidrat)
  • Serat = 7,1 gram (28%) (baca juga : manfaat serat)
  • Gula = 14,1 gram (baca juga : manfaat gula batu – manfaat scrub gula – manfaat gula aren)
  • Protein = 0,9 gram (baca juga : manfaat protein)
  • Vitamin C = 216% (baca juga : manfaat vitamin C)
  • Kalsium = 1% (baca juga : manfaat kalsium bagi tubuh di segala usia)
  • Zat Besi = 13% (baca juga : manfaat zat besi)

Dari berbagai kandungan nutrisi dalam jeruk sunkist di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa jeruk sunkist sangat kaya akan kandungan serat, zat besi, vitamin C, dan thiamin. Akan tetapi, perlu diperhatian bahwasanya jeruk sunkist juga memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sehingga akan lebih bijaksana jika tidak berlebihan dalam hal mengonsumsinya.

Melihat kandungan vitamin C serta kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam jeruk sunkist ini, maka bisa kita ketahui bahwa dibalik rasa manis dan kesegaran jeruk sunkist tersimpan berbagai macam manfaat, antara lain:

1. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Jeruk sunkist adalah salah satu varian dari aneka jenis buah jeruk yang di dalamnya terdapat kandungan serat larut yang disebut dengan pektin. Pektin sendiri dikenal sebagai karbohidrat kompleks yang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Dengan demikian, bagi para pasien penyakit jantung, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jeruk sunkist.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Aktivitas yang padat dan kurang istirahat pada tubuh mengakibatkan melemahnya daya tahan tubuh seseorang. Jika hal itu terjadi, maka orang tersebut akan mudah terserang penyakit. Itulah alasan mengapa seseorang yang banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja dan kurang mendapatkan istirahat memerlukan asupan vitamin C yang lebih tinggi. Dari data kandungan nutrisi di atas terlihat jelas bahwa jeruk sunkist memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, di mana dalam setiap satu buah jeruk sunkist sedang (sekitar 154 gram sajian) memiliki kandungan vitamin C sebesar 216%. Dengan demikian, merupakan hal yang bijaksana jika jeruk sunkist masuk dalam daftar buah yang wajib dikonsumsi setiap hari.

3. Mencegah anemia

Anemia dapat menyerang seseorang kapan saja dan di mana saja. Salah satu penyebab utama anemia adalah tubuh kekurangan asupan zat besi yang dalam hal ini sangat berpengaruh terhadap proses produksi sel-sel darah merah. Di dalam sebuah jeruk sunkist berukuran sedang mampu menyumbangkan sekitar 13% zat besi bagi tubuh. Jadi bagi Anda yang sering mengalami gangguan anemia, konsumsi jeruk sunkist setiap hari akan membantu mengatasi masalah tersebut.

4. Mencegah sembelit

Ketika tubuh kekurangan serat, hal ini akan dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan tubuh. Salah satunya adalah susah buang air besar atau yang lebih dikenal dengan istilah sembelit. Untuk mengatasi masalah tersebut, langkah yang dapat ditempuh melalui pemenuhan asupan serat dalam tubuh, yaitu dengan mengonsumsi berbagai sumber makanan yang kaya akan serat, misalnya saja jeruk sunkist.

5. Mencegah hipertensi

Sama seperti varian buah jeruk lainnya, sunkist pun memiliki kandungan senyawa hesperidin yang merupakan sejenis flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah serta dapat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi.

6. Menjaga kesehatan kulit wajah

Tidak hanya itu, manfaat lain jeruk sunkist juga mengarah pada kesehatan kulit. Seseorang dapat menerapkan ekstrak jeruk sunkist ini sebagai campuran bahan pembuat masker untuk wajah. Tidak hanya itu, kulit jeruk sunkist juga bisa kita manfaatkan sebagai salah satu bahan pembuat scrub untuk wajah. Kulit jeruk sunkist dipercaya dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak di kulit serta membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

7. Menghasilkan energi tubuh

Kandungan lain yang terdapat dalam jeruk sunkist adalah gula. Gula merupakan salah satu bagian dari karbohidrat. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa gula merupakan sumber kalori yang dapat menghasilkan energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Selain itu, gula juga berperan dalam menjaga proses metabolisme dalam tubuh serta membantu pertumbuhan sel-sel tubuh.

8. Mengusir nyamuk

Musim penghujan menyebabkan perkembangbiakan nyamuk menjadi lebih cepat. Kondisi seperti ini akan memperngaruhi penyebaran berbagai jenis penyakit berbahaya seperti DBD, zika, cikungunya, dan penyakit lainnya jadi makin meningkat. Tapi, Anda tak perlu risau. Cobalah untuk mengeringkan kulit jeruk sunkist di bawah sinar matahari. Setelah itu, masukkan kulit jeruk kering tadi ke dalam plastik yang telah dilubangi kecil-kecil atau dapat menaruh kulit jeruk sunkist kering tersebut ke dalam gelas lalu letakkan di meja kamar. Aroma yang disebarkan kulit jeruk  tersebut akan mengusir nyamuk di sekitar rumah.

9. Mencegah diabetes

Kandungan antioksidan yang hadir dalam jeruk sunkist dapat membantu meningkatkan kinerja pembuluh darah dalam tubuh yang akhirnya akan membuat sensitivitas kadar insulin lebih meningkat. Kondisi tersebut nantinya akan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

10. Mencegah batu ginjal

Kandungan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan alami dalam jeruk sunkist ternyata juga dapat membantu mencegah masalah batu ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan asam sitrat yang terdapat dalam ekstrak jeruk sunkist dapat membantu mengurangi kadar kalsium dalam urine, sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap penurunan kuantitas pembentukan batu ginjal. (SUMBER : manfaat co.id)

Manfaat JERUK Sunkist Ada 10..Mau TAHU ?
JERUK SUNKIST


COMMENTS

Nama

alergi amandel ambeiyen anemia angin duduk antioksidan artikel asam lambung asam urat asi asma batu empedu batuk batut bau badan bau mulut bawang putih bayi benalu teh bengkuang beras kencur berat badan BERITA beser biduran binahong borok buah naga cacar cacar air cacingan ciplukan darah darah rendah darah tinggi datang bulan daun pandan daun salam daun sirsak dehidrasi demam berdarah diabetes diare diet disentri efek samping empedu epilepsi flu gagal ginjal garam gigi GINJAL gula darah haid hepatitis hernia hikmah hipertensi hormon humor idul fitri imun imunitas infeksi INFO insomnia islam jahe jamu jantung jerawat jeruk nipis kandung kemih kandungan kanker kanker ovarium karbohidrat kayu manis kecantikan kelapa ijo kemangi kembung kencing manis keputihan kista klit manggis kolestefol kolesterol koleterol kopi koreng kulit kuman kunyit kutu lambung langsing ldl lemak lemon lever limpa lipoma LUCU maag madu malaria manggis massages masuk angin mata megkudu melahirkan menstruasi miana migrain minyak motivasi nafsu makan nyeri obesitas otak OVARIUM panas dalam paru-paru pencernaan PEPAYA peredaran darah perut perut kembung pijit pinggang pisang promo PROMOSI prostat protein radang radang gusi rambut REFLEKSI rematik resep rhematik rokok sakit kepala salak santri saraf sariawan sebah seks SELINGAN sembelit senam kegel serat serviks sirih merah stamina stres stress stroke sukun susu tekanan darah tekokak timun tips tips ibu hamil trigliserida tulang tumor urut usus vco vertigo video vitamin wajah wasir wortel YOGA zaitun
false
ltr
item
Sehat Itu NIKMAT: Manfaat JERUK Sunkist Ada 10..Mau TAHU ?
Manfaat JERUK Sunkist Ada 10..Mau TAHU ?
Buah jeruk terkenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik dan memiliki peranan yang cukup penting bagi kesehatan tubuh seperti mencegah kanker, menguatkan sistem imunitas, mencerdaskan otak, dan lain sebagainya.
https://2.bp.blogspot.com/-RQVubr2Oxq4/Vx9KzXYu0qI/AAAAAAAAp7I/sXwuFZcVu2Yg57v9x6bebMfjMeoNNu5YwCLcB/s320/manfaat%2Bjeruk%2Bsunkist.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-RQVubr2Oxq4/Vx9KzXYu0qI/AAAAAAAAp7I/sXwuFZcVu2Yg57v9x6bebMfjMeoNNu5YwCLcB/s72-c/manfaat%2Bjeruk%2Bsunkist.jpg
Sehat Itu NIKMAT
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/04/manfaat-jeruk-sunkist-ada-10mau-tahu.html
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/
http://sehatunikmat.blogspot.com/2016/04/manfaat-jeruk-sunkist-ada-10mau-tahu.html
true
4521513147045907937
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago